Melindungi Kayu Terhadap Serangan Rayap

Sedikit cerita dari saya tentang rayap yang membuat resah. Awalnya saya heran melihat pintu kamar saya yang rapuh dan mudah hancur kemudian setiap saat saya melihat butiran berwarna kuning kecoklatan disekitar pintu. Hal tersebut membuat saya bingung untuk berbuat apa? Apakah saya harus mengganti pintu saya atau mencari solusi lain untuk berperang dengan rayap tersebut. Ternyata saya memilih untuk berperang melawan rayap yang hingga akhirnya menemukan ramuan yang dapat menantang rayap tersebut. Dan ternyata hasil ramuan tersebut sangat memuaskan dan menyenangkan hati saya. Apakah anda ingin tau ramuan apa yang saya buat untuk melawan rayap tersebut? Sebelumnya mari kita pelajari sedikit tentang kebiasaan rayap terhadap lingkungan kita.
Rayap pada dasarnya adalah serangga daerah tropika dan subtropika. Namun sebarannya kini cenderung meluas ke daerah sedang (temperate )dengan batas-batas 50o LU dan LS. Di daerah tropika rayap ditemukan mulai dari pantai sampai ketinggian 3000 m di atas permukaan laut. Makanan utamanya adalah kayu atau bahan yang terutama terdiri atas selulosa. Dari perilaku makan yang demikian kita menarik kesimpulan bahwa rayap termasuk golongan makhluk hidup perombak bahan mati yang sebenarnya sangat bermanfaat bagi kelangsungan kehidupan dalam ekosistem kita. Mereka merupakan konsumen primer dalam rantai makanan yang berperan dalam kelangsungan siklus beberapa unsur penting seperti karbon dan nitrogen. Tapi masalahnya adalah manusia juga merupakan konsumen primer yang memerlukan hasil-hasil tanaman bukan saja untuk makanannya tetapi juga untuk membuat rumah dan bangunan-bangunan lain yang diperlukannya.
Di sinilah letak permasalahannya, sehingga manusia bersaing dengan rayap. Semula agak mengherankan para pakar bahwa rayap mampu makan (menyerap) selulosa karena manusia sendiri tidak mampu mencernakan selulosa (bagian berkayu dari sayuran yang kita makan, akan dikeluarkan lagi !), sedangkan rayap mampu melumatkan dan menyerapnya sehingga sebagian besar ekskremen hanya tinggal lignin saja. Keadaan menjadi jelas setelah ditemukan berbagai protozoa flagellata  dalam usus bagian belakang dari berbagai jenis rayap (terutama rayap tingkat rendah: Mastotermitidae, Kalotermitidae dan Rhinotermitidae), yang ternyata berperan sebagi simbion untuk melumatkan selulosa sehingga rayap mampu mencernakan dan menyerap selulosa. Bagi yang tak memiliki protozoa seperti famili Termitidae, bukan protozoa  yang berperan tetapi bakteria — dan bahkan pada beberapa jenis rayap seperti Macrotermes , Odontotermes dan Microtermes memerlukan bantuan jamur perombak kayu yang dipelihara di “kebun jamur” dalam sarangnya.
Nah, sekarang waktunya kita membahas ramuan yang dapat mengindari serangan rayap. Ramuan ini bukan ramuan biasa dan mudah-mudahan ampuh mengatasi rayap. Pertama-tama mari kita persiapkan bahan ramuan dan alat yang akan digunakan dalam mengatasi masalah rayap di bangunan yang terbuat dari bahan baku kayu, yaitu;
1. Minyak solar,
2. Kapur barus,
3. Jarum suntik dan kuas.
Anda pasti terheran-heran, kenapa ramuannya begitu sederhana? Tapi anda tenang aja mas bro… cara ini sudah saya uji dan hasilnya cukup memuaskan dan menyejukan perasaan saya yang sebelumnya resah akibat ulah si rayap. Kalau begitu marih kita racik ramuan anti rayapnya.
·      Pertama, giling kapur barus sampai menjadi butiran halus sebanyak 200g
·    Kedua, siapkan minyak solar dalam botol plastik besar sebanyak 1 liter kemudian masukkan serbuk kapur barus yang telah digiling halus tersebut kedalam botol plastik yang berisi minyak solar.
·    Ketiga, kocoklah serbuk kapur barus dengan minyak solar sampai serbuk kapur barus tersebut melebur dalam minyak solar.
·    Dan  keempat, ramuan tersebut siap untuk digunakan.
Cara menggunakan ramuan tersebut adalah:
Oleskan ramuan tersebut dengan kuas keseluruh bagian pintu dan pastikan ramuan tersebut menyerap sampai kebagian dalam kayu, lakukan secara berulang-ulang. Untuk bagian kayu yang sudah rusak akibat rayap, suntikan ramuan tersebut kedalam lubang-lubang yang terbentuk akibat gigitan rayap dan pastikan ramuan menyerap sampai keseluruhan kayu.
Demikianlah cara untuk membuat ramuan anti rayap dan melawan serangan rayap dan Selamat mencoba !


Untuk penjelasan dan konsultasi mengatasi rayap dapat menghubungi kami di kontak kami ( Call/SMS/WA )

Alamat kami :
PESTINDO
Jl. Jombang Raya No 20.
Ciputat.  Jakarta Selatan – 15414
HP : 0812-8410-0982


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 PESTINDO | Design Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress